Bangun Jaringan Kecil

Sampai saat ini, kami telah mempertimbangkan layanan yang dapat diberikan jaringan data ke jaringan manusia, memeriksa fitur dari setiap lapisan model OSI dan operasi protokol TCP / IP, dan melihat secara terperinci di Ethernet, sebuah teknologi LAN universal. Langkah selanjutnya adalah belajar bagaimana merakit elemen-elemen ini bersama dalam jaringan yang berfungsi yang dapat dipertahankan.

Aktivitas Kelas - Apakah Anda Perhatikan ...?

Apakah kamu menyadari…?

Catatan: Siswa dapat bekerja secara tunggal, berpasangan, atau kelas penuh dapat menyelesaikan kegiatan ini bersama-sama.

Lihatlah dua jaringan dalam diagram. Secara visual membandingkan dan membedakan dua jaringan. Catat perangkat yang digunakan di setiap desain jaringan. Karena perangkat diberi label, Anda sudah tahu jenis perangkat akhir dan perangkat perantara mana yang ada di setiap jaringan.

Bagaimana dua jaringan berbeda? Apakah hanya ada lebih banyak perangkat yang ada di Jaringan B daripada di Jaringan A?

Pilih jaringan yang akan Anda gunakan jika Anda memiliki usaha kecil dan menengah. Mampu membenarkan jaringan pilihan Anda berdasarkan biaya, kecepatan, port, kemampuan upgrade, dan pengelolaan.

Topologi Jaringan Kecil

Mayoritas bisnis kecil. Tidak mengherankan bila mayoritas jaringan juga kecil. Jaringan usaha kecil yang khas ditunjukkan pada gambar.

Dengan jaringan kecil, desain jaringan biasanya sederhana. Jumlah dan jenis perangkat yang disertakan berkurang secara signifikan dibandingkan dengan jaringan yang lebih besar. Topologi jaringan biasanya melibatkan satu router dan satu atau lebih switch. Jaringan kecil mungkin juga memiliki titik akses nirkabel (mungkin dibangun di router) dan telepon IP. Seperti untuk koneksi ke Internet, biasanya jaringan kecil memiliki koneksi WAN tunggal yang disediakan oleh DSL, kabel, atau koneksi Ethernet.

Mengelola jaringan kecil membutuhkan banyak keterampilan yang sama seperti yang dibutuhkan untuk mengelola yang lebih besar. Mayoritas pekerjaan difokuskan pada pemeliharaan dan pemecahan masalah peralatan yang ada, serta mengamankan perangkat dan informasi di jaringan. Pengelolaan jaringan kecil dilakukan oleh karyawan perusahaan atau orang yang dikontrak oleh perusahaan, tergantung pada ukuran dan jenis bisnisnya.
Angka tersebut menunjukkan dua pekerja terhubung ke sebuah saklar. Ada telepon IP dan server yang terhubung ke switch. Peralihan ini kemudian dihubungkan ke router. Area ini diarsir dan diberi label LAN. Router terhubung ke awan dengan koneksi serial berlabel WAN.

Pemilihan Perangkat untuk Jaringan Kecil

Untuk memenuhi kebutuhan pengguna, jaringan kecil pun memerlukan perencanaan dan perancangan. Perencanaan memastikan bahwa semua persyaratan, faktor biaya, dan opsi penerapan dipertimbangkan.

Saat menerapkan jaringan kecil, salah satu pertimbangan desain pertama adalah jenis perangkat perantara yang digunakan untuk mendukung jaringan. Saat memilih jenis perangkat perantara, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Biaya

Biaya peralihan atau router ditentukan oleh kapasitas dan fiturnya. Kapasitas perangkat mencakup jumlah dan jenis port yang tersedia dan kecepatan backplane. Faktor lain yang mempengaruhi biaya adalah kemampuan manajemen jaringan, teknologi keamanan yang tertanam, dan teknologi perpindahan maju opsional. Biaya pemasangan kabel yang dibutuhkan untuk menghubungkan setiap perangkat di jaringan juga harus dipertimbangkan. Elemen penting lainnya yang mempengaruhi pertimbangan biaya adalah jumlah redundansi yang dimasukkan ke dalam jaringan.

Kecepatan dan Jenis Port / Antarmuka

Memilih jumlah dan jenis port pada router atau switch merupakan keputusan penting. Komputer yang lebih baru memiliki built-in 1 Gb / s NICs. 10 port Gb / s sudah disertakan dengan beberapa workstation dan server. Meskipun lebih mahal, memilih perangkat Layer 2 yang dapat mengakomodasi peningkatan kecepatan memungkinkan jaringan berkembang tanpa mengganti perangkat pusat.

Expandability

Perangkat jaringan hadir dalam konfigurasi fisik tetap dan modular. Konfigurasi tetap memiliki nomor dan jenis port atau interface tertentu. Perangkat modular memiliki slot ekspansi yang memberikan fleksibilitas untuk menambahkan modul baru seiring dengan persyaratan yang berkembang. Sakelar tersedia dengan port tambahan untuk uplink berkecepatan tinggi. Router dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai jenis jaringan. Perhatian harus diberikan untuk memilih modul dan antarmuka yang sesuai untuk media tertentu.

Fitur dan Layanan Sistem Operasi

Bergantung pada versi sistem operasi, perangkat jaringan dapat mendukung beberapa fitur dan layanan tertentu, seperti:

    Keamanan

    Kualitas Layanan (QoS)

    Voice over IP (VoIP)

    Layer 3 switching

    Network Address Translation (NAT)

    Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP)

Angka itu memiliki lima gambar. Masing-masing adalah pertimbangan saat merancang sebuah jaringan. Gambar satu adalah uang dan diberi label biaya. Gambar dua adalah lemari kabel dengan banyak kabel yang dihubungkan ke sakelar dan diberi label port. Gambar tiga adalah pelari dan diberi label kecepatan. Gambar empat adalah router modular dan diberi label diperluas dan modular. Gambar lima adalah seorang wanita yang bekerja pada laptop yang terpasang pada rak peralatan jaringan dan diberi label mudah dikelola.

IP Addressing untuk Jaringan Kecil

Saat mengimplementasikan jaringan kecil, perlu direncanakan ruang pengalamatan IP. Semua host dalam internetwork harus memiliki alamat yang unik. Skema pengalamatan IP harus direncanakan, didokumentasikan dan dipelihara berdasarkan jenis perangkat yang menerima alamat.

Contoh berbagai jenis perangkat yang akan dijadikan faktor dalam desain IP adalah:

    Akhiri perangkat untuk pengguna

    Server dan periferal

    Host yang bisa diakses dari internet

    Alat perantara

Merencanakan dan mendokumentasikan skema pengalamatan IP membantu administrator melacak jenis perangkat. Misalnya, jika semua server diberi alamat host antara kisaran 50-100, mudah untuk mengidentifikasi lalu lintas server dengan alamat IP. Ini bisa sangat berguna saat mengatasi masalah lalu lintas jaringan menggunakan penganalisis protokol.

Selain itu, administrator lebih mampu mengendalikan akses ke sumber daya di jaringan berdasarkan alamat IP saat skema pengalamatan IP deterministik digunakan. Hal ini dapat sangat penting bagi host yang menyediakan sumber daya ke jaringan internal juga, seperti jaringan eksternal. Server web atau server e-commerce memainkan peran seperti itu. Jika alamat untuk sumber daya ini tidak direncanakan dan didokumentasikan, keamanan dan aksesibilitas perangkat tidak mudah dikendalikan. Jika server memiliki alamat acak yang ditetapkan, memblokir akses ke alamat ini sulit dilakukan, dan klien mungkin tidak dapat menemukan sumber ini.

Masing-masing jenis perangkat yang berbeda ini harus dialokasikan ke blok logis alamat dalam kisaran alamat jaringan.

Klik tombol pada gambar untuk melihat metode penugasan.
Angka itu merupakan aktivitas interaktif yang memiliki dua kelompok perangkat jaringan. Setiap kelompok berisi laptop, server PC dan printer diberi label kantor timur dan kantor barat. Ada tombol di bawah ini. Saat Anda mengeklik Lokasi, semua perangkat di grup satu disorot berwarna oranye dan di grup keduanya disorot hijau. Lalu ada tombol di sebelah departemen berlabel Sales, HR and Legal. Saat Anda mengeklik setiap tombol, perangkat untuk departemen tersebut dari masing-masing grup disorot berwarna oranye. Ada juga tiga tombol di samping perangkat berlabel Printer, Server dan Komputer. Saat Anda mengklik masing-masing tombol ini, perangkat dari masing-masing kantor disorot berwarna oranye. Kegiatan ini menunjukkan bahwa Anda dapat mengatur perangkat berdasarkan fungsi, lokasi, atau jenis.

Redundansi dalam Jaringan Kecil

Bagian penting lain dari desain jaringan adalah kehandalan. Bahkan usaha kecil pun sering mengandalkan jaringan mereka untuk operasi bisnis. Kegagalan jaringan bisa sangat mahal. Untuk mempertahankan tingkat keandalan yang tinggi, dibutuhkan redundansi dalam perancangan jaringan. Redundansi membantu menghilangkan satu titik kegagalan. Ada banyak cara untuk mencapai redundansi dalam jaringan. Redundansi dapat dilakukan dengan memasang peralatan duplikat, namun bisa juga dilakukan dengan menyediakan jaringan duplikat untuk area kritis, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Jaringan kecil biasanya menyediakan titik keluar tunggal ke Internet melalui satu atau lebih gateway default. Jika router gagal, seluruh jaringan kehilangan konektivitas ke Internet. Untuk alasan ini, disarankan agar usaha kecil membayar penyedia layanan kedua sebagai cadangan.
Angka tersebut merupakan aktivitas interaktif yang memiliki dua router, dan masing-masing terhubung ke switch. Ada 3 server, dan masing-masing terhubung ke switch. Saklar juga terhubung. Diagram ini menunjukkan server yang berlebihan. Saat Anda mengklik perangkat, keterangan menampilkan fungsi dan peran perangkat.

Manajemen Lalu Lintas

Administrator jaringan harus mempertimbangkan berbagai jenis lalu lintas dan perawatan mereka dalam desain jaringan. Router dan switch dalam jaringan kecil harus dikonfigurasi untuk mendukung lalu lintas real-time, seperti suara dan video, dengan cara yang berbeda dibandingkan dengan lalu lintas data lainnya. Padahal, desain jaringan yang bagus akan mengklasifikasikan lalu lintas secara hati-hati sesuai prioritas, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Pada akhirnya, tujuan untuk desain jaringan yang baik, bahkan untuk jaringan kecil, adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan dan meminimalkan downtime jaringan.

Aplikasi umum

Jaringan ini sama bergunanya dengan aplikasi yang ada di dalamnya. Ada dua bentuk program perangkat lunak atau proses yang menyediakan akses ke jaringan: aplikasi jaringan dan layanan lapisan aplikasi.

Aplikasi Jaringan

Aplikasi adalah program perangkat lunak yang digunakan untuk berkomunikasi melalui jaringan. Beberapa aplikasi pengguna akhir bersifat sadar jaringan, artinya mereka menerapkan protokol lapisan aplikasi dan dapat berkomunikasi secara langsung dengan lapisan bawah tumpukan protokol. Klien email dan browser web adalah contoh dari jenis aplikasi ini.

Layanan Lapisan Aplikasi

Program lain mungkin memerlukan bantuan layanan lapisan aplikasi untuk menggunakan sumber daya jaringan seperti transfer file atau spooling cetak jaringan. Meski transparan bagi karyawan, layanan ini merupakan program yang berinteraksi dengan jaringan dan menyiapkan data untuk transfer. Berbagai jenis data, baik teks, grafik atau video, memerlukan layanan jaringan yang berbeda untuk memastikan bahwa mereka dipersiapkan dengan benar untuk diproses oleh fungsi yang terjadi pada lapisan bawah model OSI.

Setiap aplikasi atau layanan jaringan menggunakan protokol, yang menentukan format standar dan data yang akan digunakan. Tanpa protokol, jaringan data tidak memiliki cara yang umum untuk memformat dan mengarahkan data. Untuk memahami fungsi berbagai layanan jaringan, perlu untuk mengetahui protokol dasar yang mengatur operasi mereka.

Gunakan Task Manager untuk melihat aplikasi, proses, dan layanan saat ini yang berjalan pada PC Windows, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Aplikasi Suara dan Video

Bisnis saat ini semakin banyak menggunakan IP telephony dan media streaming untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mitra bisnis, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1. Administrator jaringan harus memastikan peralatan yang tepat dipasang di jaringan dan perangkat jaringan dikonfigurasi untuk memastikan pengiriman prioritas. Gambar 2 menunjukkan elemen jaringan kecil yang mendukung aplikasi real-time.

Infrastruktur

Untuk mendukung aplikasi real-time yang ada dan yang diusulkan, infrastruktur harus mengakomodasi karakteristik masing-masing jenis lalu lintas. Perancang jaringan harus menentukan apakah switch dan kabel yang ada dapat mendukung lalu lintas yang akan ditambahkan ke jaringan.

VoIP

Perangkat VoIP mengubah analog menjadi paket IP digital. Perangkat ini bisa menjadi adaptor telepon analog (ATA) yang terpasang di antara telepon analog tradisional dan switch Ethernet. Setelah sinyal diubah menjadi paket IP, router mengirimkan paket tersebut di antara lokasi yang sesuai. VoIP jauh lebih murah daripada solusi IP telephony yang terintegrasi, namun kualitas komunikasi tidak memenuhi standar yang sama. Solusi voice dan video over IP untuk usaha kecil dapat direalisasikan, misalnya dengan Skype dan versi non-Cisco WebEx milik perusahaan.

IP telephony

Dalam IP telephony, telepon IP itu sendiri melakukan konversi voice-to-IP. Router dengan dukungan suara tidak diperlukan dalam jaringan dengan solusi IP telephony terpadu. Telepon IP menggunakan dedicated server untuk kontrol panggilan dan pensinyalan. Sekarang ada banyak vendor dengan solusi IP telephony khusus untuk jaringan kecil.

Aplikasi Real-time

Untuk mengangkut media streaming secara efektif, jaringan harus bisa mendukung aplikasi yang membutuhkan delay-sensitive delivery. Protokol Transport Real-Time Transport (RTP) dan Real-Time Transport Control Protocol (RTCP) adalah dua protokol yang mendukung persyaratan ini. RTP dan RTCP memungkinkan kontrol dan skalabilitas sumber daya jaringan dengan memungkinkan mekanisme Quality of Service (QoS) digabungkan. Mekanisme QoS ini menyediakan alat yang berharga untuk meminimalkan masalah latensi untuk aplikasi streaming real-time.
Gambar 1 menunjukkan tiga gambar orang yang bekerja di komputer mereka. Gambar 2 menunjukkan tiga gambar peralatan jaringan termasuk switch, telepon IP, dan peralatan komunikasi terpadu Cisco.

Pertumbuhan Jaringan Kecil

Pertumbuhan adalah proses alami bagi banyak usaha kecil, dan jaringan mereka harus tumbuh sesuai dengan itu. Idealnya, administrator jaringan memiliki cukup waktu untuk membuat keputusan cerdas tentang menumbuhkan jaringan seiring dengan pertumbuhan perusahaan.

Untuk skala jaringan, beberapa elemen diperlukan:

    Dokumentasi jaringan - topologi fisik dan logis

    Inventaris perangkat - daftar perangkat yang menggunakan atau terdiri dari jaringan

    Anggaran anggaran yang diperinci, termasuk anggaran pembelian peralatan tahun fiskal

    Analisis lalu lintas - protokol, aplikasi, dan layanan dan persyaratan lalu lintas masing-masing, harus didokumentasikan

Unsur-unsur ini digunakan untuk menginformasikan pengambilan keputusan yang menyertai penskalaan jaringan kecil.
Gambar menunjukkan tiga gambar. Salah satu pria menggambar topologi jaringan, salah satu mata uang yang berbeda di permukaan datar, dan satu dari tablet, telepon genggam, dan secangkir kopi bertelur di grafik dan grafik.

Analisis Protokol

Ketika mencoba untuk menentukan bagaimana mengelola lalu lintas jaringan, terutama saat jaringan berkembang, penting untuk memahami jenis lalu lintas yang melintasi jaringan serta arus lalu lintas saat ini. Jika jenis lalu lintas tidak diketahui, penganalisis protokol akan membantu mengidentifikasi lalu lintas dan sumbernya.

Untuk menentukan pola arus lalu lintas, penting untuk:

    Menangkap lalu lintas selama masa penggunaan puncak untuk mendapatkan representasi yang baik dari jenis lalu lintas yang berbeda.

    Lakukan capture pada segmen jaringan yang berbeda; beberapa lalu lintas akan lokal ke segmen tertentu.

Informasi yang dikumpulkan oleh penganalisis protokol dievaluasi berdasarkan sumber dan tujuan lalu lintas, serta jenis lalu lintas yang dikirim. Analisis ini dapat digunakan untuk membuat keputusan tentang bagaimana mengelola lalu lintas dengan lebih efisien. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi arus lalu lintas yang tidak perlu atau mengubah pola alir sama sekali dengan memindahkan server, misalnya.

Terkadang, hanya merelokasi server atau layanan ke segmen jaringan lain meningkatkan kinerja jaringan dan mengakomodasi kebutuhan lalu lintas yang berkembang. Di lain waktu, mengoptimalkan kinerja jaringan memerlukan perancangan ulang dan intervensi jaringan yang besar.
Gambar menunjukkan screen capture dari Wireshark Protocol Hierarchy Statistics

Penggunaan Jaringan Karyawan

Selain memahami perubahan tren lalu lintas, administrator jaringan juga harus menyadari bagaimana penggunaan jaringan berubah. Seperti ditunjukkan pada gambar tersebut, seorang administrator jaringan kecil memiliki kemampuan untuk mendapatkan "foto" TI asli dari utilisasi aplikasi karyawan untuk sebagian besar tenaga kerja karyawan dari waktu ke waktu. Foto-foto ini biasanya mencakup informasi seperti:

    OS dan OS Version

    Aplikasi Non-Jaringan

    Aplikasi Jaringan

    Pemanfaatan CPU

    Pemanfaatan Drive

    Pemanfaatan RAM

Mendokumentasikan snapshot untuk karyawan dalam jaringan kecil selama periode waktu tertentu akan terus berlanjut untuk menginformasikan administrator jaringan mengenai persyaratan protokol yang berkembang dan arus lalu lintas yang terkait. Pergeseran penggunaan sumber daya mungkin memerlukan administrator jaringan untuk menyesuaikan alokasi sumber daya jaringan yang sesuai.
Gambar menunjukkan tab Proses pada task manager Windows dan contoh proses yang berjalan di sistem operasi windows. Ada empat tombol di sisi kanan gambar. Mengklik tombol pertama menyoroti aplikasi yang tercantum pada tab Proses. Mengklik tombol kedua menyoroti layanan yang tercantum pada tab Proses. Mengklik tombol ketiga menyoroti operasi sistem yang tercantum pada tab Proses. Mengklik tombol keempat menyoroti satu program yang tercantum pada tab Proses yang berjalan beberapa kali dan masing-masing dalam prosesnya sendiri.

Jenis Ancaman

Apakah kabel atau nirkabel, jaringan komputer sangat penting untuk aktivitas sehari-hari. Individu dan organisasi sama-sama bergantung pada komputer dan jaringan mereka. Intrusi oleh orang yang tidak berwenang dapat mengakibatkan pemadaman jaringan yang mahal dan kehilangan pekerjaan. Serangan pada jaringan bisa sangat merusak dan bisa berakibat hilangnya waktu dan uang akibat kerusakan atau pencurian informasi atau aset penting.

Penyusup bisa mendapatkan akses ke jaringan melalui kerentanan perangkat lunak, serangan perangkat keras atau melalui dugaan nama pengguna dan kata kunci seseorang. Penyusup yang mendapatkan akses dengan memodifikasi perangkat lunak atau memanfaatkan kerentanan perangkat lunak sering disebut hacker.

Setelah hacker mendapatkan akses ke jaringan, empat jenis ancaman mungkin muncul, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Klik setiap gambar untuk informasi lebih lanjut.
Angka tersebut merupakan aktivitas interaktif yang menunjukkan empat gambar. Satu gambar adalah folder dengan judul Information Theft. Satu gambar adalah palu dan hard drive dengan caption Data Loss dan Manipulation. Satu gambar adalah daftar cek dan kartu kredit dengan caption Pencurian Identitas. Satu gambar adalah komputer dengan bug di layar dan kesalahan 404 "Halaman tidak ditemukan". Semua gambar ini difokuskan pada keamanan jaringan. Saat Anda mengklik masing-masing gambar, keterangan menampilkan deskripsi keterangan bersama dengan informasi dan contoh.

Keamanan fisik

Kerentanan yang sama pentingnya adalah keamanan fisik perangkat. Penyerang dapat menolak penggunaan sumber daya jaringan jika sumber daya tersebut dapat dikompromikan secara fisik.

Keempat kelas ancaman fisik tersebut adalah:

    Ancaman perangkat keras - kerusakan fisik pada server, router, switch, pabrik kabel, dan workstation

    Ancaman lingkungan - suhu ekstrem (terlalu panas atau terlalu dingin) atau kelembaban ekstrem (terlalu basah atau terlalu kering)

    Ancaman listrik - lonjakan voltase, tegangan suplai tidak mencukupi (brownouts), kekuatan tak berkondisi (noise), dan kehilangan daya total

    Ancaman perawatan - penanganan komponen listrik kunci yang buruk (discharge elektrostatis), kurangnya suku cadang kritis, pemasangan kabel yang buruk, dan pelabelan yang buruk

Isu-isu ini harus ditangani dalam kebijakan organisasi, seperti yang ditunjukkan pada gambar.
Gambar tersebut menunjukkan diagram tata letak fisik untuk lemari jaringan. Diagram ini menunjukkan gigi jaringan di ruang terkunci dengan meja bantuan di luar ruangan. Akses ke gear jaringan membutuhkan kunci (access card). Keamanan fisik penting untuk perangkat jaringan.

Komentar