chapter 9

Lapisan transport

Jaringan data dan internet mendukung jaringan manusia dengan menyediakan komunikasi yang andal antar manusia. Pada satu perangkat, orang dapat menggunakan beberapa aplikasi dan layanan seperti email, web, dan pesan instan untuk mengirim pesan atau mengambil informasi. Data dari masing-masing aplikasi ini dikemas, diangkut dan dikirim ke aplikasi yang sesuai pada perangkat tujuan.

Proses yang dijelaskan dalam lapisan transport OSI menerima data dari lapisan aplikasi dan mempersiapkannya untuk pengalamatan pada lapisan jaringan. Komputer sumber berkomunikasi dengan komputer penerima untuk memutuskan bagaimana memecah data menjadi beberapa segmen, bagaimana memastikan tidak ada segmen yang hilang, dan bagaimana memverifikasi semua segmen yang ada. Saat memikirkan lapisan transport, pikirkan sebuah departemen pengiriman yang menyiapkan satu pesanan beberapa paket untuk pengiriman.

Peran Transport Layer

Lapisan transport bertanggung jawab untuk membentuk sesi komunikasi sementara antara dua aplikasi dan mengirimkan data di antara keduanya. Aplikasi menghasilkan data yang dikirim dari aplikasi pada host sumber ke aplikasi di host tujuan. Ini tanpa memperhatikan tipe host tujuan, jenis media dimana data harus melakukan perjalanan, jalur yang ditempuh oleh data, kemacetan pada link, atau ukuran jaringan. Seperti ditunjukkan pada gambar, lapisan transport adalah penghubung antara lapisan aplikasi dan lapisan bawah yang bertanggung jawab untuk transmisi jaringan.

Tanggung Jawab Lapisan Transportasi

Melacak Percakapan Perorangan

Pada lapisan transport, setiap rangkaian data yang mengalir antara aplikasi sumber dan aplikasi tujuan dikenal sebagai percakapan (Gambar 1). Host mungkin memiliki beberapa aplikasi yang berkomunikasi di seluruh jaringan secara bersamaan. Masing-masing aplikasi ini berkomunikasi dengan satu atau lebih aplikasi pada satu atau lebih host jarak jauh. Ini adalah tanggung jawab lapisan transport untuk mempertahankan dan melacak beberapa percakapan ini.

Segmen Segmen Data dan Pemasangan Kembali

Data harus dipersiapkan untuk dikirim ke media secara terkelola. Sebagian besar jaringan memiliki keterbatasan pada jumlah data yang dapat disertakan dalam satu paket. Transport layer protocols memiliki layanan yang mengelompokkan data aplikasi menjadi blok yang ukurannya sesuai (Gambar 2). Layanan ini mencakup enkapsulasi yang diperlukan pada setiap potongan data. Header yang digunakan untuk reassembly ditambahkan ke setiap blok data. Header ini digunakan untuk melacak arus data.

Di tempat tujuan, lapisan transport harus bisa merekonstruksi potongan data menjadi aliran data yang lengkap yang berguna untuk lapisan aplikasi. Protokol pada lapisan pengangkutan menggambarkan bagaimana informasi header lapisan transport digunakan untuk memasang kembali potongan data ke dalam aliran yang akan dilewatkan ke lapisan aplikasi.

Mengidentifikasi Aplikasi

Untuk melewatkan arus data ke aplikasi yang tepat, lapisan transport harus mengidentifikasi aplikasi target (Gambar 3). Untuk mencapai hal ini, lapisan transport memberi setiap aplikasi sebuah identifier yang disebut nomor port. Setiap proses perangkat lunak yang perlu mengakses jaringan diberi nomor port yang unik ke host tersebut.

Percakapan Multiplexing

Mengirim beberapa jenis data (misalnya, video streaming) di seluruh jaringan, sebagai salah satu aliran komunikasi yang lengkap, dapat menghabiskan semua bandwidth yang tersedia. Hal ini akan mencegah komunikasi lainnya terjadi pada saat bersamaan. Hal itu juga akan membuat error recovery dan retransmission data yang rusak menjadi sulit.

Angka tersebut menunjukkan bahwa mengelompokkan data ke dalam potongan yang lebih kecil memungkinkan banyak komunikasi yang berbeda, dari banyak pengguna yang berbeda, untuk disisipkan (multiplexing) pada jaringan yang sama.

Untuk mengidentifikasi setiap segmen data, lapisan transport menambahkan sebuah header berisi data biner yang disusun dalam beberapa bidang. Ini adalah nilai di bidang ini yang memungkinkan berbagai protokol lapisan transport untuk melakukan fungsi yang berbeda dalam mengelola komunikasi data.

Komentar